Jakarta – Legenda sepakbola Italia, Alessandro Del Piero, dijadwalkan mengunjungi Indonesia. Kehadiran mantan pemain Juventus tersebut untuk memantau kegiatan pencarian pemain berbakat.

Del Piero disebut bakal hadir dalam “Scouting, From North Sumatra to Belgia” yang diadakan pemerhati dan pencinta sepakbola, Sihar Sitorus dengan mengusung tagline “Membangun Sepakbola Generasi Kelas Dunia”. Program seleksi itu bakal dilakukan dalam dua tahap, yaitu scouting dan tournament di Sumatera Utara.

Tahapan scouting menggunakan metode 7 vs 7 atau 5 vs 5. Dari proses tersebut diharapkan para pemandu bakat bisa menjaring kemampuan peserta dengan kreteria daya tahan fisik, koordinasi permainan, dan kecepatan, dalam bertanding.

Kegiatan ini diselenggarakan di tujuh wilayah Sumatra Utara. Yakni, Medan, Binjai, Sidikalang, Tebing Tinggi, Tanjung Balai, Sidempuan, dan Gunung Sitoli. Nantinya akan dicari 108 pemain muda di setiap posisi. Selanjutnya, yang terpilih akan dibagi ke dalam 6 tim yang nantinya diadu dalam turnamen di Medan.

Enam tim dibagi ke dalam 2 grup. Dua tim teratas lolos ke fase knock out. Hasil dari turnamen ini menghasilkan 30 pemain yang puncaknya diboyong ke Belgia untuk mengikuti pelatihan.

Koordinator seleksi event tersebut, Hendriyana mengaku program tersebut digelar karena terinspirasi Egy Maulana Vikri yang merupakan pemain Sumatera Utara yang menjadi salah satu aset Indonesia.

“Kami punya pemain nasional Egy Maulana yang sudah berkiprah di Eropa. Kami berharap ada Egy Maulana Vikri yang baru,” katanya melalui rilis yang diterima detikSport, Rabu (9/5/2018).

“Scouting, From North Sumatra to Belgia” dimulai pada 2 Mei sampai 25 Juni 2018. Nantinya ditutup dengan festival, bazar, games, dan penyerahan hadiah kepada para pemenang. Di pengujung acara selain dihadiri Del Piero, juga turut dimeriahkan penyanyi Virzha Idol,” ujar dia.

“Saya berharap talenta pemain di Sumatra Utara ditangani personel profesional, sehingga hasil yang didapat bisa maksimal,” kata Sihar menambahkan.

Sihar merupakan salah satu pendiri dari tiga klub elite di Medan, yaitu Medan Chiefs Deli Serdang, Pro Duta, dan Nusaina FC. Siahar Sitorus juga pernah menjadi pengurus teras PSSI dan pernah mengelola PSMS.

(ads/fem)




NO COMMENTS