The Catalans – Lionel Messi adalah salah satu yang terbaik di dunia sepakbola. Tapi bintang The Catalans itu tak pernah mengejar status tersebut, cuma fokus bermain saja.

Sejak kemunculannya yang fenomenal, Messi lantas menjadi salah satu ikon terbesar sepakbola baru. Dia telah meraih total 32 trofi bersama The Catalans, termasuk sembilan titel La Liga dan empat gelar juara Liga Champions.

Di level individu, Messi memenangi lima Ballon d’Or, empat kali meraih Sepatu Emas Eropa, menjadi Pemain Terbaik La Liga enam kali, dan beraneka gelar individu lainnya. Selain beberapa kali menjadi top skorer di La Liga, Copa del Rey, dan Liga Champions, pemain 30 tahun itu juga memegang sejumlah rekor.

Dia tercatat sebagai pencetak gol terbanyak dalam satu tahun kalender dengan 91 gol pada 2012. Messi juga masih memegang rekor gol terbanyak bersama sebuah klub dalam satu musim, dengan torehan 73 gol. Itu hanya dua dari sekian banyak rekornya.

Jika ada satu nama yang bisa disebut sebagai pesaingnya, itu adalah ujung tombak Real Madrid Cristiano Ronaldo. Keduanya dinilai telah menyorong satu sama lain untuk mencapai level baru setiap tahunnya.

Kendati dicap sebagai yang terbaik di dunia oleh sebagian kalangan, Messi pribadi mengaku tak pernah berambisi mendapatkan status itu. Lulusan La Masia itu menyatakan setiap tahunnya cuma fokus untuk memberikan yang terbaik di lapangan.

“Saya tak tertarik untuk jadi yang terbaik sepanjang sejarah. Saya tak pernah berkata bahwa saya yang terbaik, bukan yang nomor satu, dua, tiga, atau empat,” ujarnya kepada AS.

“Setiap kali saya mengawali tahun saya mencoba mengembangkan diri, memenangi segalanya, mengerahkan segalanya di lapangan, dan memberikan semua yang saya punya untuk rekan-rekan setim dan saya sendiri,” tutur Messi.

Musim ini Messi sudah membuat 45 gol dan 18 assists. Ia berpeluang besar menjadi pencetak gol terbanyak di Eropa.

Ada juga video tentang Rekor di Balik Lengkungan Indah Messi

(raw/nds)




NO COMMENTS