Jakarta – Ditilik dari perebutan poin, jornada terakhir La Liga Spanyol tak banyak bermakna. Yang sarat adalah unsur sentimental, dengan adanya momen-momen perpisahan.

La Liga 2017/2018 akan berakhir seiring dengan digelarnya rangkaian pertandingan jornada ke-38 pada akhir pekan. Salah satu laga yang terhitung big match, menimbang posisi kedua tim, adalah Villarreal (posisi kelima) vs Real Madrid (posisi ketiga).

Pun demikian, kedua tim niscaya takkan terlalu mati-matian meraih kemenangan. Toh musim depan Villarreal sudah dipastikan lolos ke fase grup Liga Europa sementara Madrid ke fase grup Liga Champions.

Sebagai catatan, urutan satu sampai keempat di La Liga berhak atas tiket lolos langsung ke fase grup Liga Champions. Sementara tiket Liga Europa didapat oleh tim posisi kelima dan keenam (fase grup), sedangkan urutan ketujuh melewati kualifikasi.
Nah, ketujuh tim yang kini menempati posisi tersebut sudah dipastikan tidak bakal lagi bisa terlempar keluar dari zonanya. Maka The Catalans (sebagai juara), Atletico Madrid, Madrid, dan Valencia dipastikan dapat tiket Liga Champions. Sementara Villarral dan Real Betis lolos ke fase grup Liga Europa, dengan tiket kualifikasi ajang itu diperoleh Sevilla.

Di papan bawah pun sudah ada tiga tim yang dipastikan tersingkir dari La Liga yakni Deportivo La Coruna, Las Palmas, dan Malaga.

Akan tetapi, bukan berarti jornada ini tak seru lagi. Ada unsur-unsur sentimental dalam sejumlah kejadian perpisahan yang bakal hadir. Tentu saja yang pertama adalah perpisahan Depor, Las Palmas, dan Malaga yang harus turun kasta musim depan.

Setelah itu ada pula kejadian perpisahan Fernando Torres dengan klub masa kecilnya, Atletico, ketika menjamu Eibar di Wanda Metropolitano. Saat ini akan terasa manis sekali seiring dengan keberhasilan Los Colchoneros yang baru menjuarai Liga Europa.

Selain itu, Camp Nou juga bakal memperlihatkan kejadian perpisahan lainnya ketika Andres Iniesta bakal melakoni laga terakhirnya buat The Catalans. Iniesta akan berpisah dengan Blaugrana setelah 22 tahun.

Dan tentu saja jornada di akhir pekan juga menjadi kejadian perpisahan dengan La Liga 2017/2018, yang sudah menghadirkan banyak cerita. Jornada berikutnya bakal hadir di musim yang baru.

(krs/raw)




NO COMMENTS